Inilah 3 Faktor yang Sering Menyebabkan Mesin Mobil Cepat Panas

Sama halnya dengan sebuah smartphone atau perangkat elektronik yang lainnya, ketika digunakan untuk jangka waktu lama, terkadang suhunya jadi cepat panas, bahkan sering kali mengalami overhead, begitu juga dengan sebuah mobil, hal ini mengindikasikan bahwa kendaraan tersebut butuh untuk diistirahatkan. Hanya saja juga tak bisa dipungkiri jika seandainya ada mobil yang mudah panas, meskipun tidak digunakan dalam waktu lama. 

Hasil gambar untuk penyebab mobil cepat panas
Kondisi dimana mesin mobil cepat panas ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, berikut ini diantaranya yang harus Anda ketahui, yaitu:

  1. Masalah yang terjadi pada radiator, kebocoran pada radiator memang sering kali jadi penyebab utama dimana kondisi mesin mobil menjadi cepat panas, karena cairan pendingin tak bisa bekerja secara optimal untuk menurunkan suhu mesin kendaraan tersebut, sehingga jika sudah semacam ini maka biasanya mobil akan mengalami peningkatan suhu yang cukup signifikan dan berjuang pada mati atau istilahnya adalah overhead. Satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah dengan memperbaiki kebocoran.
  2. Masalah pada oli, kondisi lainnya juga bisa disebabkan oleh pelumas atau oli, karena kualitas oli yang digunakan pada kendaraan tersebut kurang baik, atau low quality sehingga tak bisa bekerja secara optimal pada mesin kendaraan, akibatnya menyebabkan mesin jadi overheating hingga kemudian mati. Jadi jangan asal dalam memilih oli untuk dipakai pada kendaraan Anda.
  3. Masalah pada thermostat, kerusakan yang terjadi pada bagian thermostat juga rentan sekali memicu mesin mobil panas, karena tidak bisa bekerja secara baik dalam memberikan akurasi suhu mesin secara tepat, sehingga bagian pendingin juga tak bisa secara optimal dalam menurunkan suhunya, akibatnya kendaraan jadi overheat.

Lalu bagaimana langkah terbaik untuk mengatasi kendaraan yang overheat ini, apalagi di tengah perjalanan, berikut yang harus Anda lakukan:

  1. Segera matikan mesin kendaraan tersebut, agar tidak bertambah parah hingga beresiko mengalami kebakaran, maka dianjurkan untuk segera mematikan kendaraan.
  2. Buka kap mobil agar nantinya panas yang berada di dalam mesin mobil tersebut bisa segera keluar, jadi suhu turun secara alami.
  3. Jangan langsung membuka tutup radiator, karena berbahaya bagi kulit Anda.
  4. Periksa cadangan air yang ada dalam radiator, jika kondisinya berkurang bahkan hampir habis, maka segera diisi dengan yang baru, lakukan hal ini ketika masih sudah mulai dingin.
  5. Namun jika penyebab overheat ini adalah kondisi yang lainnya, maka sebaiknya panggil bengkel atau bantuan untuk datang, jangan melakukan hal lain yang mungkin akan memperparah kondisinya.

Mudah bukan, jangan sepelekan kondisi semacam ini, karena jika mobil cepat panas dan tak segera diperbaiki hasilnya hanya akan menyulitkan perjalanan Anda. Segera bawa ke bengkel terdekat untuk disservice.

No comments

IBX5A30CDD89508A