Tips Cerdas Mengatur Keuangan untuk Mahasiswa Perantau

Mahasiswa merupakan sebutan untuk pelajar yang sedang menimba ilmu di kampus. Ada banyak sekali hal yang berbeda dan dirasakan ketika menjadi mahasiswa. Misalnya saja banyak mahasiswa yang merantau dan tidak hidup bersama orang tua lagi tetapi di kosan atau kontrakan. Oleh karena itulah untuk mahasiswa perantau tersebut penting untuk mengetahui cara memanage pengeluaran dari jatah uang yang dikirimkan orangtua agar tidak cepat habis perbulannya. Karena banyak mahasiswa yang tidak bisa mengatur keuangan dan kehabisan uang dengan sangat mudah. Dan beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur keuangan bagi mahasiswa perantau adalah: 

Hasil gambar untuk tips menabung

  • Belanja bulanan di awal

Tips pertama untuk mengatur keuangan untuk mahasiswa perantau adalah dengan belanja bulanan di awal. Hal tersebut akan membantu untuk dapat belanja barang-barang yang diinginkan dan diperlukan ketika masih banyak uang atau setelah dikirim. Belanja bulanan juga sangat menguntungkan karena tidak perlu satu-satu membeli barang dan menghabiskan uang untuk ongkos. Dan kelebihan lainnya adalah bisa mendapatkan promo dan diskon ketika belanja dan menghabiskan nilai lebih besar. Sehingga akan lebih baik untuk belanja bulanan dan kebutuhan bulanan di awal. Pilih juga tempat perbelanjaan yang menawarkan barang yang lengkap seperti swalayan besar yang ada di sekitar kampus karena biasanya harganya juga lebih murah.

  • Memilih tempat makan murah

Tips selanjutnya yang bisa dipilih adalah dengan memilih tempat makan yang murah. Hal ini akan sangat membantu menghemat pengeluaran karena banyak yang boros di makanan dan juga cemilan. Pilihlah tempat makan yang murah ketika sedang makan di luar atau tetapi bagi Anda yang ingin lebih hemat lagi bisa untuk memasak sendiri. Oleh karena itulah penting untuk mempunyai magic com sendiri dan ada dapur di kosan atau kontrakan agar bisa masak sendiri. Dengan memasak sendiri akan jauh lebih murah daripada harus makan di luar setiap hari.

  • Mencatat pengeluaran

Dan hal lainnya yang perlu diperhatikan ketika akan mengatur pengeluaran adalah dengan mencatat pengeluaran. Ada banyak sekali pengeluaran untuk mahasiswa seperti membayar kos, fotokopi, membeli buku, makan, laundry, dan juga biaya lainnya. Oleh karena itulah untuk mengetahui kemana perginya semua pengeluaran tersebut bisa untuk mencatatnya di buku pengeluaran. Hal tersebut juga sebagai evaluasi agar dapat mengurangi pengeluaran yang tidak perlu.

  • Sisakan tabungan

Dan tips terakhir agar dapat mengatur keuangan bulanan dan lebih hemat adalah dengan selalu menyisakan jatah bulanan untuk tabungan. Anda bisa untuk menyisakan tabungan setiap bulannya sehingga mendapatkan uang dan juga sebagai simpanan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja ketika kendaraan rusak, untuk shopping barang yang diinginkan, dan juga beberapa hal lainnya.

No comments

IBX5A30CDD89508A