3 Cara Merawat Rem Tangan Mobil Agar Awet

Bagi Anda yang memiliki mobil atau bisa mengemudikan mobil dijamin akrab dengan bagian rem tangan dan termasuk bagian vital. Sebagaimana fungsi rem pada umumnya rem jenis ini juga digunakan untuk menghentikan mobil agar berada tetap di posisinya. Hanya saja berbeda dengan jenis rem biasa atau rem kaki, rem satu ini digunakan khusus untuk proses memarkirkan mobil. Sehingga mobil bisa dihentikan di posisi tertentu untuk melihat kondisi area parkir baru kemudian memutuskan untuk melakukan gerakan apa.
Hasil gambar untuk perawatan rem mobil

Meskipun penggunaannya hanya sebatas saat parkir saja nyatanya rem jenis ini punya peran vital dan tanpanya keamanan mengemudi bisa terancam. Oleh sebab itu tetap berikan perawatan yang tepat agar rem tangan ini awet, berikut tata cara merawatnya:

1. Memeriksa oli rem secara berkala,

Rem tangan ini juga membutuhkan pelumas khusus yakni oli rem yang bisa melindungi komponen di rem tersebut agar tidak mudah keropos atau aus. Pastikan mengecek kondisi olinya secara berkala dan jangan sampai kering. Kondisi oli yang kering bisa membuat rem tangan mudah rusak dan bahkan tidak berfungsi ketika dibutuhkan.

2. Pahami waktu terbaik memakai rem tangan,

Perawatan rem tangan selanjutnya adalah penggunaan secara tepat jadi rem jenis ini tidak disarankan dipakai sembarangan. Meski fungsinya menghentikan laju roda mobil namun jika mobil terparkir lebih dari sehari berpotensi merusak brake di rem tangan. Sekiranya mobil hendak diparkirkan seharian atau beberapa jam saja maka sudah tepat jika mengaktifkan rem tangan. Namun jika lebih bahkan sampai berhari-hari disarankan untuk menambahkan ganjalan pada ban mobil agar disc brake tidak rusak.

3. Tahu betul cara memakai rem tangan,

Kinerja rem tangan mengandalkan gerigi atau gear yang dikunci secara otomatis ketika rem jenis ini diaktifkan. Sebaiknya untuk menjaga rem tangan tetap awet perlu paham bagaimana memakainya sesuai standar pabrik. Disarankan ketika mengaktifkan rem sudah menentukan posisi gear agar kedalaman pengereman sudah sesuai dengan kebutuhan. Kemudian tekan tombol release ketika memutuskan untuk melepaskan kunci pada gear tersebut. Pahami mekanisme ini untuk menghindari kesalahan karena bisa membuat gear mudah keropos dan rem tangan tidak berfungsi dengan benar.

Penggunaan rem tangan memang sering disepelekan padahal sangat membantu kegiatan parkir agar aman dan nyaman. Penggunaannya juga memastikan mobil tidak bergerak sendiri meskipun terparkir di jalanan yang menurun. Jadi, silahkan dirawat sebaik mungkin agar awet karena kerusakan pada rem tangan membuat biaya perbaikan yang musti ditanggung lumayan. Belum lagi resiko keselamatan ketika tidak bisa berfungsi dengan baik, jangan sampai mobil menabrak kendaraan lain di belakang karena Anda kurang perhatian pada rem tangan.

No comments

IBX5A30CDD89508A