Trik Membawa ASI di Pesawat dan Luar Negeri

Trik Membawa ASI di Pesawat dan Luar Negeri - Memiliki bayi yang masih menyusu dan meminum ASI bukanlah jadi penghalang seorang ibu untuk beraktivitas, termasuk kegiatan untuk pergi ke luar kota dan luar negeri.

Sebelum pergi, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan agar sukses dalam hal pompa memompa asi serta urusan perijinan dalam membawa ASI di bandara.

Berikut ini ada tips dan trik saat ibu harus memompa ASI selama perjalanan,

Trik Membawa ASI di Pesawat dan Luar Negeri
(Foto: Shutterstock)

Peralatan “Tempur” Lengkap

Sebaiknya siapkan semua barang dari rumah dengan baik dan benar, karena sungguh repot jika ternyata ada barang perlengakapn yang kurang dan Anda harus mencari di tempat baru.

Manajemen Pompa ASI

Walaupun berjauhan dengan bayi dan jadwal perjalanan Anda sangat padat, usahakan tetap menjalankan jadwal pompa Anda dengan rutin atau lakukan maksimal 4 jam sekali. Ini berguna untuk menjaga produktivitas ASI tetap terjaga.

Penyimpanan ASI

Sebelum berangkat ke kota tujuan, pastikan hotel atau tempat penginapan yang Anda pesan memiliki freezer yang bisa digunakan.

Jika di kamar tidak tersedia kulkas, Anda bisa meminta ke petugas hotel untuk menitipkannya di freezer restoran hotel.

Saat Anda di dalam pesawat jangan sungkan untuk menitipkan ASI pada pramugari untuk didinginkan di freezer kabin pesawat.

Packing ASI perah dengan rapi
(Foto: Shutterstock)

Surat Dokter

Kalau bisa, mintalah surat dokter yang berisikan tentang informasi bahwa Anda adalah ibu yang masih menyusui.

Dengan surat ini, bisa membantu Anda jika petugas  bandara mempertanyakan ASI yang Anda bawa ke dalam bandara dan pesawat.

Pelajari Tata Tertib Bandara

Nah, ini hal yang paling penting! Seperti yang kita tahu, semua penerbangan internasional memiliki aturan bahwa cairan dalam bentuk air, gel dan sebagainya tidak bisa masuk kabin pesawat jika ukurannya lebih dari 100 ml.

namun, ternyata ada pengecualian pada ASI perah dan makanan bayi lainnya. Pelajari aturan bandara yang akan Anda pakai dalam perjalanan, mulai dari bandara saat berangkat, transit maupun tujuan.

Baca Juga : Tips Jual Mobil Bekas Berkualitas dengan Harga Pas

Beberapa negara seperti Amerika Serikat dan Hongkong telah memiliki aturan tertulis yang bisa Anda cek di website resmi mereka.

Print aturan yang menjelasakn bahwa ASI perah bisa dibawa ke dalam kabin pesawat, sehingga berkas ini bisa menjadi pegangan Anda saat melewati pemeriksaan di bandara.

No comments

IBX5A30CDD89508A