4 Kiat Sukses Finansial Bagi Anak Muda Bergaji Besar

Memiliki gaji dua digit adalah impian semua orang, tidak sedikit yang rela bekerja lebih lama di kantor untuk mendapatkannya. Beberapa orang juga cukup beruntung bisa bekerja di perusahaan bertaraf multinational sehingga jabatan yang tidak terlalu tinggi sudah menerima gaji dua digit. Menyadari jumlah gaji yang diterima cukup besar tentu perlu dikelola dengan baik, supaya meski masih muda sudah terbilang sukses. Bijaklah dalam mengaturnya karena kebanyakan anak muda di usia antara 20-30tahunan acap kali gagap menabung meski gajinya besar. 

 
Bagi Anda yang masuk kategori di atas yang memang setiap bulannya menerima gaji tinggi, pastikan belajar cara mengelolanya. Kiat berikut bisa membantu Anda agar sukses finansial sejak masih muda dengan gaji besar:

1. Alokasikan gaji yang diterima dengan tepat,

Peningkatan pendapatan karena naik jabatan atau pindah ke perusahaan yang lebih baik sehingga sukses menerima gaji dua digit. Membuat Anda musti melakukan alokasi ulang terhadap gaji tersebut, sehingga perlu merubah berapa besar uang untuk belanja, diberikan pada orangtua, menabung, sampai dipakai bersedekah. Perbanyak dana yang masuk ke ranah tabungan sehingga gaji besar tidak sia-sia.

2. Mencoba peruntungan di sektor investasi,


Mematangkan kondisi finansial sejak dini maka penting sekali bagi anak muda yang sudah bergaji dua digit untuk belajar investasi. Instrumen investasi di sekitar Anda sangat banyak dimulai dari asuransi kesehatan sampai produk pasar modal yang sifatnya fluktuatif. Pilih jenis investasi yang Anda anggap aman dan mudah dipahami, apabila merasa takut salah bisa menyewa jasa finansial advisor. Memang jasa mereka mahal namun dijamin bebas investasi bodong.

3. Cermat menahan godaan,


Semakin besar dana yang masuk ke rekening tabungan setiap bulannya tentu semakin banyak godaan untuk memakainya. Hal ini tentu dirasakan oleh siapa saja yang menerima gaji tinggi terutama jika masih melajang. Namun bukan berarti menganggapnya lumrah dan bertindak boros, tetap usahakan menahan godaan. Selalu pikirkan masak-masak sebelum mengeluarkan uang apakah memang pengeluaran tersebut penting dan bermanfaat. Asalkan kontrol ini dimiliki maka sebagian besar gaji tetap lari ke sektor tabungan.

4. Cerdas memilih lingkungan pertemanan,


Salah satu solusi untuk menahan godaan memboroskan gaji besar yang diterima setiap bulan adalah cerdas dalam memilih lingkungan pertemanan. Ada kalanya Anda dari rumah sudah diajarkan hidup wajar dan bahkan cenderung hemat. Namun apa daya, karena teman akrab justru hobi nongkrong di kafe dan tempat-tempat mahal. Sebagian besar gaji Anda hanya untuk keperluan tersebut sehingga pengeluaran membengkak. Baiknya tetap memilih pertemanan yang gaya hidupnya jauh dari boros, sehingga Anda pun ketularan untuk tetap hemat.

No comments

IBX5A30CDD89508A