Inilah Beberapa Kesalahan dalam Perawatan Mobil yang Harus Anda Hindari

Merawat mobil merupakan hal wajib yang harus dilakukan agar performa mobil tetap maksimal dan mobil tetap awet meski digunakan setiap hari. Banyak cara dilakukan untuk merawat mobil seperti yang dilakukan caramobi.com secara keseluruhan. Mulai dari mencucinya, service rutin, mengganti oli secara rutin dan lain sebagainya. Dalam melakukan masing-masing perawatan harus diperhatikan dengan baik sehingga tidak ada kesalahan. Bila terdapat kesalahan ketika melakukan perawatan meskipun sepele bisa berakibat fatal pada penampilan atau performa mobil.

Berikut adalah beberapa kesalahan sepele yang tidak jarang banyak dilakukan:

Inilah Beberapa Kesalahan dalam Perawatan Mobil yang Harus Anda Hindari


1. Mencuci bodi mobil menggunakan sabun biasa. Pemilihan sabun untuk mencuci mobil sebaiknya jangan sembarangan. Mungkin banyak orang yang mencuci mobil menggunakan detergen atau sabun lain yang harganya lebih murah daripada sabun khusus pencuci mobil. Akan tetapi pemilihan sabun yang salah tersebut akan berakibat fatal pada cat mobilnya.
2. Menggunakan bahan bakar sembarangan. Banyak pemilik mobil yang tidak terlalu memperdulikan jenis bahan bakar yang digunakan. Padahal bahan bakar sangat berpengaruh pada performa mesin. Pemilihan bahan bakar harus sesuai dengan mesin yang digunakan dalam mobil. Bila tidak sesuai mesin akan rentan terhadap kerusakan.
3. Meremehkan balancing dan spooring. Balancing dan spooring tidak jarang dianggap remeh dan dilakukan seperlunya saja. Padahal kegiatan tersebut sangat berpengaruh pada mobil khususnya pada konsumsi bahan bakar dan keawetan ban. Dengan melakukan balancing dan spooring pada jangka waktu tertentu secara rutin, bahan bakar lebih hemat dan ban mobil juga tidak cepat menipis.
4. Menginjak gas ketika memanaskan mesin mobil. Memanaskan mesin mobil terutama pada pagi hari merupakan hal yang harus dilakukan agar mesin terlumasi dengan baik dan kinerja menjadi maksimal. Akan tetapi ketika menghidupkan mesin mobil jangan menginjak gas karena bisa berakibat buruk pada mesin. Mungkin banyak orang yang belum mengetahuinya sehingga hindari hal tersebut agar mesin tetap terjaga.
5. Menggunakan sabun pembersih untuk kaca belakang mobil. Cara ini merupakan langkah yang salah. Membersihkan kaca mobil bagian belakang lebih baik hanya menggunakan kain basah aja tanpa sabun. Bila mencucinya menggunakan sabun akan berakibat pada rusaknya antena.
6. Membersihkan lantai mobil menggunakan air. Cara perawatan satu ini sebaiknya jangan Anda lakukan karena dapat membuat bodi bagian bawah mobil menjadi berkarat. Komponen listrik juga bisa rusak bila terkena air. Lebih baik bersihkan lantai mobil menggunakan kain yang lembab sehingga air tidak akan menggenang.

Setelah mengetahui beberapa kesalahan sepele tersebut, Anda bisa lebih memperhatikan dalam merawat mobil. Anda bisa mencari langkah tepat perawatan mobil di berbagai media. Baik melalui majalah otomotif atau di berbagai situs internet. Kini Anda bisa memperoleh informasi lebih mudah dan cepat dengan kegiatan online. Jadi jangan pernah meremehkan hal-hal yang sepertinya sepele karena sebenarnya hal tersebut sangat besar pengaruhnya.

No comments

IBX5A30CDD89508A