Tips Memilih Lensa Nikon Sesuai dengan Kebutuhan

Ada banyak sekali jenis-jenis lensa saat ini, seperti halnya Lensa Nikon. Lensa ini merupakan salah satu dari jenis lensa modern. Biasanya disebut dengan Lensa merek Nikon. Lensa merek Nikon bisa menghasilkan foto dengan kualitas terbaik jika penggunaannya dilakukan sesuai dengan kebutuhan seorang fotografi. Secara umum, Lensa merek Nikon memiliki berbagai jenis lensa yang jumlahnya mencapai puluhan. Ada lensa zoom, lensa fix, serta lensa foto dan lain sebagainya.


Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan dari Lensa Nikon yang dimiliki sebaiknya Anda perlu memperhatikan beberapa hal. Ketika melakukan pembelian lensa yang akan digunakan maka lakukanlah sesuai dengan tips berikut ini, karena pasalnya pemilihan lensa yang tepat ialah lensa yang sesuai dengan latar belakang foto yang diinginkan. Adapun beberapa tips tersebut ialah sebagai berikut:

  • Latar belakang blur,
Ketika Anda ingin melakukan pemotretan dengan latar belakang foto blur maka pastikan Anda memilih jenis lensa yang cocok untuk digunakan. Ada banyak jenis lensa yang bisa digunakan pada keadaan ini. Biasanya harga yang ditawarkan sangat terjangkau dengan kualitas dari hasil foto yang diberikan.

  • Landscape,
Jika Anda merupakan seorang fotografi yang suka terhadap hasil foto landscape maka gunakanlah lensa yang bisa cocok untuk memenuhi kebutuhan fotografi tersebut. Dimana untuk jenis lensa ini biasanya memiliki harga yang lebih mahal yaitu ada pada jutaan rupiah. Misalnya, lensa ultra wide. Baik lensa produk perusahaan asli maupun produk orang ketiga, harga dari jenis lensa ini umumnya memang mahal namun memberikan kualitas yang sama-sama bagus.

  • Candid,
Sedangkan jika Anda adalah seseorang yang menyukai dari hasil foto candid maka sebaiknya gunakan lensa yang bisa mendukung hasil tersebut. Contohnya seperti lensa tele. Dimana jenis lensa ini memberikan kualitas yang sangat bagus. Foto yang dihasilkan akan terlihat lebih natural dengan objek yang di foto tidak akan menyadari jika ia sedang di foto. Sebenarnya jenis lensa ini tidak hanya cocok untuk digunakan pada hasil foto candid saja, tapi juga bisa digunakan untuk hasil foto blur maupun landscape dan lainnya. Jadi, harga yang ditawarkan dari lensa ini pun cukup mahal karena fungsinya yang multifungsi.

  • Modifikasi,
Ada juga beberapa jenis lensa yang bisa digunakan untuk menghasilkan foto keluarga, candid, serta landscape dan lainnya. Agar bisa menunjang hasil foto tersebut maka Anda bisa menggunakan lensa yang memberikan kualitas foto tersebut. Misalnya, lensa tamron atau lainnya.

Jadi, dengan mengikuti beberapa tips tersebutlah maka hasil foto yang akan didapat akan sesuai dengan keinginan. Walaupun sebenarnya semua jenis lensa memiliki kualitas foto yang sangat bagus. Selain itu, pemilihan lensa juga harus disesuaikan dengan diameter dari lensa tersebut karena umumnya ada beberapa jenis lensa yang memiliki ukuran diameter berbeda. Pada jenis Lensa merek Nikon memiliki dua jenis diameter yaitu FX dan DX.

Setiap jenis diameter yang diberikan oleh Lensa Nikon menghasilkan foto yang berbeda-beda. Secara umum lensa diameter DX memiliki ukuran yang lebih kecil dari FX. Bentuknya yang lebih kecil maka hanya dapat mencakup sensor yang berukuran tertentu saja. Hal ini berbeda dengan lensa diameter FX. Karena bentuknya yang lebih besar pastinya jenis lensa ini dapat mencakup sensor foto yang besar pula. Dari penjelasan inilah maka dapat disimpulkan bahwa sebaiknya Anda melakukan pemilihan lensa yang benar dan tepat.

No comments

IBX5A30CDD89508A