Menilik 4 Gejala Aki Pada Mobil yang Sudah Soak

Aki merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam mesin kendaraan, karena fungsinya adalah menyimpan sumber kelistrikan, ketika aki dalam kondisi yang habis, secara otomatis beberapa bagian dalam mobil tidak akan bekerja, mulai dari lampu, kemudian juga speedometer hingga perangkat audio atau sound, mengingat semuanya bergantung akan bagian yang satu ini, sehingga harus selalu dipastikan ada dan cukup untuk melakukan perjalanan. Semakin kesini pilihan aki yang ditawarkan kian banyak, bukan hanya aki basah saja, melainkan juga ada aki kering hingga gel.

Namun konsumen sendiri kebanyakan masih berpindah kepada aki kering. Mengingat harga dari aki gel ini terbilang sangat mahal, ditujukan untuk jenis-jenis kendaraan high class. Sehingga pada mobil-mobil biasa umumnya mereka masih beralih menggunakan aki kering ini. Meskipun dibandingkan dengan jenis aki basah ada jauh lebih banyak keunggulan yang ditawarkan oleh aki kering ini, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kemungkinan kerusakannya juga sudah pasti ada.
Menilik 4 Gejala Aki Pada Mobil yang Sudah Soak
Biasanya ada aki mengalami soak, adapun beberapa gejala yang patut diwaspadai karena menunjukkan bahwa kondisi aki tengah soak, diantaranya adalah:


1. Mobil dari mobibaru.com tidak bisa menyala, dalam kondisi mati dan ingin di starter ada kalanya kondisi kendaraan tidak kunjung hidup. Sebenarnya hal ini bisa dikatakan bahwa beberapa komponen mengalami masalah. Yaitu sumber kelistrikannya, ketika aki soal secara otomatis tidak bisa mengalirkan listrik, jadi tidak menampik jika seandainya mobil tidak akan bisa di starter.
2. Tercium aroma yang kurang enak ketika mobil tengah dinyalakan, gejala yang lainnya adalah aroma yang terlalu menyengat pada kendaraan saat di starter, aroma semacam hangus, biasanya bisa diindikasikan bahwa ada bagian elektrolit dari aki yang keluar, sehingga mengeluarkan aroma tersebut. Jika kondisinya sudah seperti ini sebaiknya langsung matikan mesin mobil dan lakukan pengecekan.
3. Tegangan dari aki nilainya kurang dari 10 Volt, yang artinya terkadang mobil masih bisa menyala, namun beberapa komponen yang membutuhkan sumber listrik tidak bisa digunakan. Hal ini disebabkan oleh nilai tegangannya yang terlalu rendah, bahkan tak jarang juga beberapa mobil yang membutuhkan tegangan lebih tidak mau menyala, karena aki tegangannya hanya 10 Volt.
4. Klakson tidak mengeluarkan bunyi, jikapun mengeluarkan terkadang sudah tidak keras lagi, hal ini patut juga untuk diwaspadai, ketika Anda tengah menyalakan klakson, namun suara yang dikeluarkan tidak maksimal atau kurang keras, bisa jadi karena sumber kelistrikannya mulai berkurang atau bahkan habis. Jadi pastikan untuk segera melakukan pengecekan.

4 gejala tersebut menunjukkan aki dalam kondisi yang soak, bisa jadi karena usia pemakaiannya yang sudah terlalu lama ataupun beberapa masalah lain, untuk itu harus segera diatasi, sehingga setiap komponen kendaraan nantinya bisa digunakan kembali.

No comments

IBX5A30CDD89508A