Tips Mendaki Gunung Kinabalu di Malaysia

Di antara negara-negara yang ada di Asia Tenggara atau ASEAN, Malaysia adalah salah satu negara yang cukup banyak dikunjungi oleh wisatawan dari Indonesia selain Thailand dan Singapura. Maklum saja, Negeri Jiran ini memang menarik untuk dikunjungi. Lokasinya yang berbatasan langsung dengan negara Indonesia membuat Malaysia cukup mudah dikunjungi. Wisatawan Indonesia pun bisa dengan mudah cari tiket pesawat murah ke Luar Negeri. Selain itu, Malaysia juga punya beberapa destinasi wisata yang menarik.

Namun kalau kamu tertarik untuk mengunjungi negara tetangga ini, cobalah mengeksplor beberapa wilayah selain Kualalumpur dan sekitarnya, misalnya Kota Kinabalu, Sabah. Daerah yang berada di pulau Kalimantan ini memang tidak sepopuler Kualalumpur. Namun soal potensi wisata, Wilayah yang berbatasan langsung dengan laut China Selatan ini cukup bisa bersaing. Di Kota Kinabalu, ada gunung yang menjulang tinggi hingga 4.095 mdpl. Di Indonesia, gunung ini hanya bisa tertandingi oleh Cartenz Pyramid di Papua. Menarik, bukan? Tapi tunggu dulu, sebelum kamu memutuskan untuk pergi ke gunung Kinabalu, ada tips yang perlu kamu tahu, yaitu:

Jangan Membawa Tenda


Saat mendaki gunung, tenda adalah kebutuhan mutlak yang tidak boleh terlewatkan. Tanpa tenda, pendaki bisa mati kedinginan atau kepanasan di atas gunung. Namun, hal ini tidak berlaku di Gunung Kinabalu. Sutera Sanctuary Lodge (SSL) yang tak lain adalah kelompok pengelola Gunung Kinabalu justru melarang aktivitas perkemahan sama sekali. Tujuannya sederhana, yaitu untuk menjaga gunung Kinabalu dari kerusakan seperti yang sering terjadi di beberapa gunung di dunia, akibat aktifitas perkemahan yang tidak disertai dengan tanggung jawab untuk membersihkannya.

Untuk kebutuhan istirahat para pendaki, di sana sudah tersedia hotel yang berdiri di ketinggian sekitar 3.000 mdpl, yaitu Laban Rata Resthouse. Hotel di atas gunung ini tentu membantu para pendaki untuk merasakan nikmatnya beristirahat seperti berada di rumah sendiri setelah lelah mendaki. Meskipun berada di atas gunung, hotel ini tetap memberikan pelayanan terbaik. Tempat tidurnya pun sangat nyaman dipakai. Tak hanya itu, di sana juga sudah tersedia tempat makan dengan konsep buffet.

Bawa Barang Secukupnya

Bawa Barang Secukupnya

Kamu juga tidak perlu repot membawa perlengkapan gunung berlebih, alat masak, dan kebutuhan logistik dalam jumlah besar. Soalnya, beberapa kebutuhan pendakian sudah tersedia di Laban Rata Resthouse. Kamu hanya cukup membawa outfit yang cocok untuk mendaki gunung, beberapa helai pakaian pengganti, sedikit barang berharga seperti handphone dan kamera, hingga beberapa bungkus cemilan.

Booking Pendakian dan Hotel Sejak Jauh Hari

Meskipun Laban Rata Resthouse memiliki cukup banyak kamar, jumlahnya tetap terbatas. Selain itu, jumlah pendaki yang ingin menginap di sana pun sangat banyak. Jadi, pastikan kamu sudah memesan kamar di Laban Rata Resthouse sejak jauh hari. Jika tidak, kamu bukan hanya tidak bisa menginap di sana, tapi juga tidak bisa melakukan pendakian sama sekali. Soalnya, setiap pendaki yang ingin pergi ke puncak Kinabalu harus dipastikan sudah memiliki tempat di Laban Rata Resthouse. Jika belum sempat memesan kamar, maka ijin pendakian pun tidak akan diberikan oleh pihak SSL. Dengan begitu, sebaiknya kamu pun harus sudah cari cari tiket pesawat murah ke Luar Negeri.


Siapkan Uang Dalam Jumlah Cukup Besar

Siapkan Uang Dalam Jumlah Cukup Besar

Untuk mendaki gunung Kinabalu, gaya Backpacker tidak begitu berlaku. Soalnya, kamu harus melakukan pemesanan hotel di sana. Tak hanya itu, kamu pun wajib menyewa tour guide yang sadah masuk dalam satu paket pendakiaan saat registrasi. Untuk mendapat semua itu, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun tenang saja, berapa pun harga yang ditawarkan pihak SSL, rasanya akan sangat sepadan dengan fasilitas yang diberikan serta pengalaman mendaki yang tak akan terlupakan.

Ajak Pendaki Lain Berbincang


Saat menyantap makanan yang disediakan Laban Rata Resthouse, usahakan untuk berbaur dengan pendaki lain. Kamu bisa mengajak mereka berbincang dan berbagai pengalaman selama mendaki gunung dan hal-hal seru lainnya. Hal ini berguna untuk menngganti suasana perkemahan yang hilang karena selama mendaki Kinabalu para pendaki wajib menginap di dalam hotel.


Lakukan Olahraga Sebelum Mendaki


Meskipun di Kinabalu sudah ada jalur pendakian yang cukup ramah dan hotel di dekat puncaknya, bukan berarti kamu bisa menyamakan pendakian ke Kinabalu dengan kegiatan Glamping. Kamu jangan sampai lupa bahwa tinggi gunung ini mencapai lebih dari 4.000 mdpl. Untuk sampai ke puncaknya, dibutuhkan energi yang tidak sedikit. Maka dari itu, usahakan untuk berolahraga minimal satu bulan sebelum pendakian sebanyak 3 kali seminggu agar tubuhmu sudah terbiasa dengan kegiatan yang melelahkan.

Setelah membaca tips di atas, sekarang waktunya cari tiket pesawat murah ke Luar Negeri untuk mendapat penerbangan ke Kinabalu. Kamu bisa mencari tiket pesawat di reservasi.com.

Dengan memesan tiket pesawat di reservasi.com, kamu memiliki kesempatan untuk mendapatkan penerbangan ke Kinabalu dengan penawaran harga terbaik.

No comments

IBX5A30CDD89508A