Mobil Bekas Murah dan Bau Rokok, Apa Hubungannya?

Hampir semua barang saat ini bisa dibeli secara online di toko online termasuk mobil bekas murah. Mobil bekas dengan harga yang murah tersebut selain bisa dibeli di online shop bisa juga dibeli lewat forum jual beli barang bekas. Ada beberapa hal yang mempengaruhi harga dari mobil bekas tersebut dan secara umum adalah tampilan dan juga performa dari mobil tersebut. Namun, rokok juga bisa menjadi penyebab harga mobil menjadi menurun. Mengapa?

Menurut CAP Automotive yang merupakan suatu lembaga khusus yang menentukan nilai jual mobil yang ada di Inggris mengungkapkan jika bau atau aroma rokok yang tertinggal di dalam mobil bisa mempengaruhi nilai jual. Nilai jual mobil bekas tersebut bisa turun drastis hingga sekitar 2000 poundsterling atau sekitar Rp 42 jutaan. Adanya aroma atau bau rokok biasanya luput dari pertimbangkan bahkan di Indonesia sendiri tidak terlalu peduli dengan ada atau tidaknya bau rokok yang ada di dalam mobil.

Akan tetapi, dealer tempat mobil bekas tersebut dijual akan mempertimbangkan masalah aroma atau bau rokok yang ada di dalam mobil. Walaupun eksterior dari mobil tersebut tidak ada cacat atau dalam kondisi yang sempurna namun jika interiornya tidak bagus misalnya ada asap rokok maka harga jual dari mobil bekas tersebut juga akan menurun.

Mobil Bekas Murah dan Bau Rokok, Apa Hubungannya


Hal tersebut disebabkan karena asap rokok mampu untuk menembus bahan kulit atau bahan kain yang dipergunakan di interior mobil misalnya pada jok mobil dan bisa mencemari AC sehingga harga mobil bekas murah. Untuk menghilangkan bau asap rokok yang ada di dalam mobil Anda tidak bisa hanya dengan menggunakan pengharum mobil apalagi jika sudah mencemari AC, perlu spesialis atau orang yang ahli untuk bisa membersihkannya. Dealer yang membeli mobil bekas tersebut harus membayar atau melakukan perbaikan yang lebih agar bau asap rokok tersebut menghilang. Jika asap rokok sudah sangat mempengaruhi lapisan kulit atau jok mobil maka jok tersebut mau tidak mau harus diganti dan biayanya juga akan semakin mahal.

Bagi Anda yang ingin menjual mobil Anda, maka sebaiknya pastikan lebih dahulu jika interior mobil Anda seperti di jok tidak memiliki bau asap rokok yang mengganggu. Jika Anda ingin merokok, lakukan di tempat khusus atau membuka jendela mobil jika Anda terpaksa dan ingin merokok saat itu juga. Perhatikan juga mengenai kondisi interior lainnya misalnya apakah ada debu, sampah dan kotoran yang bisa mempengaruhi harga jual mobil.

Jika Anda hendak membeli mobil bekas murah, selain kesalahan tidak memperhatikan aroma rokok pada bagian dalam dari mobil tersebut, hindari juga kesalahan berikut ini saat membeli mobil bekas dengan harga yang murah:

Tidak mempelajari riwayat dari mobil tersebut misalnya apakah mobil tersebut pernah kebanjiran atau tidak, pernah mengalami kecelakaan atau tidak dan hal yang lainnya. Perhatikan juga mengenai apakah pemilik sebelumnya rajin merawat mobil tersebut misalnya rajin mengganti oli atau komponen lainnya yang aus.
Anda hanya melakukan test drive sekedarnya. Test drive sangat menentukan penilaian Anda untuk mengetahui apakah mobil tersebut memiliki performa yang mumpuni dan sesuai dengan harganya atau tidak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa mengajak orang kepercayaan Anda yang ahli dalam bidang otomotif.
Ketahui dan pastikan kelengkapan surat tersebut asli.
Tidak memikirkan biaya perawatan setelah Anda membeli mobil bekas tersebut.
Hanya membeli mobil bekas karena ingin dan asal pilih.

No comments

IBX5A30CDD89508A