Inilah Peralatan Medis Rumah Sakit yang Sebaiknya Dimiliki untuk Persediaan Dirumah

Banyak orang yang belum begitu sadar, bahwa beberapa peralatan medis rumah sakit sebenarnya juga perlu dimiliki dirumah. Peralatan medis yang ada dirumah, dimaksudkan untuk dapat mengecek, mencegah, mengobati, menganalisa, segala gejala awal sebelum menindaklanjuti permasalahan yang ada. Mungkin banyak dari kita terheran, mengapa perlu memiliki peralatan tersebut. Karena pergi ke dokter dan tinggal membayar juga sudah selesai. Namun sebagai masyarakat modern yang semakin pintar, kita juga harus berusaha untuk mengetahui sebelum memeriksa lebih lanjut.


Ketika seorang pasien datang ke dokter tanpa mengetahui apa yang telah dialami dan dirasakan. Pastinya dokter akan merasa bingung dan merasa kurang fokus dalam menganalisa gejala yang menimpa Anda. Hal ini berbeda jika Anda telah mengalami beberapa hal yang dirasakan oleh tubuh, kemudian mengeceknya dengan peralatan medis, dan mencari tahu jawaban mengenai hal tersebut di internet. Maka dengan pasti Anda sudah bisa memastikan diri untuk melaporkan analisa dan hal-hal yang menimpa pada tubuh kepada dokter. Sehingga hasil pemeriksaan dokter akan tepat, dan ditangani dengan sesuai prosedur yang ada. Untuk itu akan lebih efisien dan lebih efektif. Disini ada beberapa peralatan medis rumah sakit, yang sebaiknya dimiliki dirumah:

1. Thermometer

Alat kedokteran satu ini memang sangat populer di kalangan masyarakat dunia. Pasalnya thermometer digunakan untuk mengukur suhu tubuh seseorang yang sedang terjangkit panas. Ketika badan seseorang mengalami suhu tinggi, maka banyak penyebab yang membuat hal itu terjadi. Dan pertolongan yang wajib dilakukan adalah dengan mengompres dengan air dingin, dan dihangatkan saat istirahat. Setiap jam badan perlu diukur dengan thermometer. Apabila suhu menurun, maka kesehatan akan cepat pulih. Namun jika tidak, sebaiknya segera bawa ke dokter terdekat.

2. Tensimeter

Salah satu hal yang membuat orang mudah terkena penyakit berbahaya karena hal sepele adalah, darah tinggi ataupun darah rendah. Seseorang bahkan bisa meninggal dengan tiba-tiba, hanya karena darah yang ada di dalam tubuh sedang tidak stabil. Untuk itu Anda perlu memiliki tensimeter untuk mengecek keadaan tekanan darah yang stabil atau tidaknya. Jika tekanan darah sedang rendah, sebaiknya beristirahatlah dan segera mengkonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan zat besi dan bisa menaikkan tekanan darah. Namun jika tekanan darah sedang tinggi, releksasikan badan sejenak dan konsumsi timun untuk membuat darah menjadi lebih stabil kembali.

3. Pinset

Pinset di dalam ilmu kedokteran disebut dengan forceps. Alat ini memiliki 2 keping yang saling berhadapan, dan bertujuan untuk menjepit dan melepaskan suatu objek. Biasanya fungsi dari pinset adalah untuk mengambil atau melepaskan benda kecil yang perlu higienis. Contohnya saja seperti benda runcing yang masuk kedalam kaki, atau mengambil sisa luka yang perlu diambil, menempelkan kapas yang higienis, dan lain sebagainya. Selain untuk hal-hal berbau kesehatan, pinset juga biasanya berguna untuk mengambil bulu membandel yang ada di permukaan kulit.

4. Alat cek darah

Alat cek darah berbeda dengan tensimeter. Memang sebenarnya sama, untuk mengecek keadaan darah. Namun jika tensimeter untuk memeriksa keadaan tekanan, alat cek darah berfungsi untuk memeriksa kandungan yang ada dalam darah. Seperti berapa kadar gula darah yang ada di dalam tubuh, berapa tingkat kolesterol, diabetes, asam urat, dan lain sebagainya. Jika memang diketahui ada dalam peralatan medis rumah sakit satu ini, maka segera hubungi dokter terdekat.

No comments

IBX5A30CDD89508A