Kaca Film Murah Jangan Hanya Asal Beli Saja, Perhatikan Hal-hal Ini

Kaca film merupakan salah satu aksesoris penting terutama bagi Anda yang baru saja membeli mobil baru. Kaca film ini memiliki fungsi mereduksi panas akibat terik sinar matahari, selain itu kaca film juga dapat dipakai untuk memberikan kesan modif dan elegan pada mobil Anda. Saat ini banyak tipe kaca film mobil yang bisa Anda temui di pasaran. Ada kaca film murah dan ada juga kaca film mahal dengan fitur premium. Namun, jangan asal beli kaca film yang murah saja, Anda wajib benar-benar mengenali kaca film yang benar-benar bagus atau berkualitas.

1. Periksa aksen logo.
Biasanya pada setiap brand kaca film, terdapat aksen nama atau logo yang terpasang pada kaca film tersebut. Periksalah dan pastikan bahwa hal tersebut ada untuk memastikan keaslian produk. Meski demikian, tindakan tersebut tidak dapat menjamin 100% keaslian produk kaca film namun setidaknya Anda bisa lebih berhati-hati agar tidak membeli produk imitasi atau palsu.

2. Kartu garansi.
Kaca film dari brand yang terkenal dan reputatif selalu memberikan jaminan garansi pada setiap tipe produk kaca film yang mereka keluarkan. Sudah menjadi keharusan untuk memiliki garansi dari kaca film yang kita beli dari penjual. Produsen kaca film yang terkenal tentu sudah paham dan benar-benar ketat akan persoalan ini. Umumnya, kaca film original memiliki kartu garansi yang ada ciri khasnya, misalkan saja ada tanda hologramnya. Selain itu biasanya ada nomor yang teridentifikasi. Jika tidak ada hal-hal semacam itu, bisa dipastikan itu barang ilegal (selundupan/black market) atau barang palsu/KW.

3. Distributor resmi.
Hampir setiap brand kaca film selalu memiliki distributor resmi. Jika di luaran sana, harga kaca film murah mungkin saja di distributor resmi harganya bisa selisih cukup banyak. Namun sebenarnya hal ini tak jadi masalah. Lebih baik demikian daripada harus menanggung rugi di kemudian hari. Jika Anda membeli di toko online, pastikan reputasinya bagus dan ada testimoni atau review asli dari para pembeli atau customer.

4. Perhatikan ciri-ciri kaca film yang palsu.
Sama seperti spare part mobil, kaca film yang beredar di pasaran juga ada yang palsu. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar jeli. Beberapa ciri kaca film palsu di antaranya adalah:



Kaca film mudah berganti warna atau pudar.
Setelah pemasangan, nampak ada gelembung angin yang disebabkan karena mutu lem perekat yang kurang baik. Namun bisa juga dikarenakan pemasangan yang kurang profesional.
Kaca film dapat membiaskan sinar lampu sehingga bisa mengganggu pandangan/visibilitas.
Mobil terasa masih panas meski sudah dipasangi kaca film dengan kepekatan yang tinggi.

5. Tipe kaca film.
Sebelum membeli kaca film murah, baiknya Anda mengenali apa saja tipe kaca film mobil sesuai dengan fungsinya. Seperti berikut:

Infrared red reflectance merupakan kaca film penolak cahaya inframerah (infrared) dari sinar matahari.
Transluscent solar energy rejected atau kaca film TSR merupakan kaca film yang dapat menghalau panas terik sinar matahari.
Visible light transmittance atau VLT merupakan kaca film untuk menghindarkan masuknya sinar matahari masuk ke dalam mobil. Disebut juga kaca film 40, kaca film 60, dan lain-lain.
Ultra violet transmittance atau kaca UVT merupakan kaca film penghalau sinar UV. Baiknya Anda memilih bilangan yang paling kecil, yakni 1%.

image source google.co.id

No comments